Sabtu, 30 Januari 2016

MILIH JURUSAN KULIAH

HELLOW…
It's me… (Hello - Adelle)

Wkwkwkwk hallo semua gue balik lagi...

Setelah sekian lama engga nongol lagi di blog ini akhirnya gue bisa nulis lagi. Kenapa gue udah jarang nulis di blog? karena gue abis berkelana bersama rombongan Kera Sakti atau yang biasa gue panggil "Bro Kong" (karena gue akrab banget sama Kera Sakti makanya gue panggil "Bro") untuk mencari kitab suci bareng rombongan mereka. Karena kitab sucinya engga ketemu sampai sekarang, gue mulai bosan dan mulai males, akhirnya gue memutuskan untuk berpisah sama rombongan mereka *spik*.


Banyak yang nanya kenapa gue udah jarang nulis di blog ini. Gue jarang nulis di blog ini karena sekarang gue jadi orang sibuk. Yups gue sibuk, tiap hari gue sibuk buat mean PS bareng sepupu-sepupu gue, selain itu, gue sekarang udah kuliah dan tugasnya buaaaaanyuaaaaaq bangeeeeuuuuud, meskipun gue sering ngerjain tugas H- beberapa menit menuju Deadline, karena ngerjain tugas beberapa menit menuju Deadline bagi gue punya tantangan sendiri selain otak makin encer dapet inspirasi usaha buat ngerjain tugasnya jadi semangat dan engga males-malesan. Dan baru ada waktu nulis lagi hari ini mumpung gue lagi libuuuur. Oh iya gue sekarang kuliah di Universitas Multimedia Nusantara dan ngambil jurusan DKV atau Design Komunikasi Visual. Ngomong-ngomong soal ngambil jurusan, gue mau berbagi cerita gue sedikit nih sampai gue bisa ngambil jurusan DKV.

Jadi gini…
Awalnya di suatu zaman dimana ketika dinosaurus masih idup ketika gue masih bocah cita-cita gue dulu pengen menjadi Dokter Spesialis, karena menurut gue jadi dokter bisa ngasilin banyak duit wkwkwk ini pemikiran gue ketika masih bocah (masih bocah udah mikirin duit). Menginjak masuk sekolah dasar cita-cita gue mulai ada perubahan sedikit yaitu menjadi seorang Dokter Hewan. Perubahan dari Dokter Spesialis menjadi Dokter Hewan terjadi karena gue waktu dulu pernah ngobatin ayam gue yang lagi sakit pake obat bocah kalo lagi sakit, oke gue sebutin merknya biar gapenasaran "BODREXIN" the legend of obat bocah. Gue ngobatin ayam gue yang sakit pake Bodrexin dan itu bener-bener berhasil, ayam gue sembuh dan sehat wal 'afiat, abis itu ayam gue langsung gue potong (oke ini jahat)



Dari situlah gue termotivasi untuk pengen jadi seorang Dokter Hewan. Selain itu yang bisa buat gue termotivasi buat jadi Dokter Hewan, dulu pas bocah gue juga suka banget pelihara binatang, mulai dari Ikan, Burung, Kelinci, Kambing, Ayam, Ayam warna, Ayam kampus, Kucing tetangga, Kucing garong dll, kecuali Naga soalnya gue engga suka naik Naga :V

Dulu ketika kelas 3 SD cita-cita gue sempet berubah menjadi seorang Arsitek, engga tau kenapa gue bisa kepikiran pengen jadi seorang Arsitek. Waktu itu gue mikir kalo jadi seorang Arsitek itu keren banget, tapi itu engga lama cuma sebatas angan-angan doang. Namanya juga masih bocah apa aja bisa kita angan-anganin ketika masa kecil dulu. Tapi gue sampai sekarang tetep kecil kaya waktu SD dulu, bahkan badan anak SD jaman sekarang lebih tinggi dari badan gue. Alhamdulillah (; *tetap bersyukur* Mau lulus sekolah dasar bokap nyokap gue ngedorong gue untuk jadi seorang Dokter. Bukan Dokter Hewan tapi Dokter Umum. Masuk SMP gue dibuat fokus sama cita-cita gue menjadi seorang Dokter, karena ini mau kedua orang tua gue dan dorongan dari keluarga-keluarga gue yang lain, semuanya setuju gue jadi Dokter. Mau lulus dari SMP, gue denger dari omongan beberapa orang kalo misalkan kita pengen jadi dokter otak kita harus ahli sama pelajaran yang berbau eksakt atau itung-ituangan dan biologi. Jeeeeeng jeeeeeng jeeeeng… gue baru sadar kalo otak gue lemah banget soal itung-itungan dan benci banget sama pelajaran yang berbau itung-itungan. Disini gue mulai benci sama cita-cita gue menjadi seorang Dokter, tapi mau gimana lagi kedua orang tua gue pengen gue jadi Dokter. Shit man!!! Gue emang suka itung-itungan tapi itu dulu ketika kelas 1 SD ketika angka 1 ditambah 1 menjadi 2 tapi itu semua berubah ketika negara api menyerang angka-angka tadi berubah menjadi a+b+x :- (n) 24+y= apalah itu gue engga ngerti dan bikin kepala gue panas ini karena guru Matematika gue bakar sate di atas kepala gue. #Apasih

Masuk SMA gue makin benci sama cita-cita gue jadi Dokter, apalagi pelajaran yang berbau itung-itungan di SMA makin susah, gue makin benci pake banget, tapi kembali lagi ke bokap nyokap gue yang pengen gue jadi Dokter. Gue cuma bisa nurut dan pasrah. Di SMA gue ngambil jurusan IPA, karena kalo pengen jadi Dokter harus dari lulusan IPA. Oke sekarang gue jadi anak IPA, disini gue dipertemukan sama pelajaran yang berbau itung-itungan (lagi) kaya Matematika, Kimia, Fisika okesip. Di kelas ini gue bertemu temen-temen yang emang ahli di bidang IPA, sedangkan gue cuma bisa bengong ketika guru nerangin di papan tulis dan bertanya-tanya di dalam hati "ini apaaaa sih??!". Kadang kali kalo gue udah engga ngerti sama apa yang diterangin guru di papan tulis, gue sering bodoamat, ngobrol sama temen sebangku, ngegosibin guru yang nerangin, kadang gue juga corat-coret buku tulis. Pernah waktu itu ulangan Fisika, karena gue engga ngerti sama soalnya gue bukannya ngerjain soal, yang gue lakuin adalah menggambar di atas lembar soal ulangan. Kemudian gue ketauan sama gurunya, lembar soal gue diambil dan ditunjukin ke yang lain (temen sekelas gue) sambil bilang "aduuuuuh naaak… temen kamu ini ngapain??? ulangan fisika malah ngegambar…" *sambil geleng-geleng kepala* temen-temen gue ketawa sekelas, sedangkan gue cuma bisa nahan malu digituin. Karena otak gue lemah banget soal itung-itungan setiap kali ulangan atau ujian Matematika, Kimia, atau pun Fisika gue selalu remedial, karena nilai gue rendah banget. Bukan cuma sekali remedial tapi bisa berkali-kali sampai nilainya bagus. Shit!!

Naik ke kelas 3 SMA gue makin galau antara lanjut atau udahan sama kamu aku udah engga kuat, aku sakit ditinggal selingkuh sama kamu sama cita-cita gue jadi seorang Dokter. Gue harus gimana setelah lulus dari SMA??? Ngikutin kata orang tua??? Sedangkan otak gue cuma mampu ngegambar ketika ulangan Fisika??? Apa itu cukup buat jadi seorang Dokter??? Gue cuma bisa merenung setiap hari sampai waktunya tiba. Gue udah mulai bodoamat soal cita-cita gue jadi dokter, gue mulai banyak-banyak searching di Google tentang berbagai macam jurusan kuliah yang cocok sama gue. Oh iya sebelumnya gue suka banget sama yang namanya Art atau seni apapun itu jenisnya, mulai dari menggambar, melukis, seni film, seni sulap dll. Akhirnya gue nemu salah satu jurusan kuliah yang gue banget yaitu DKV, setelah gue search tentang DKV, gue fix banget pengen masuk DKV, tapi gue belum ngomong sama kedua orang tua gue. Jeeeeeeng... Jeeeeeng... Jeeeeeeng... gue galau (lagi) gue harus gimana??? Akhirnya gue memutuskan untuk memberanikan diri ngomong ke bokap nyokap gue secara dewasa melalui telepon (soalnya gue berpisah sama kedua orang tua gue sejak SMP)

"Halo mak? (Gue manggil nyokap gue "Emak" dan manggil bokap gue "Bapak" biar Indonesia banget)

"Iyah nak, tumben nelpon?" (karena gue jarang banget nelpon ke bokap nyokap gue kecuali kangen makanya emak gue nanya gitu) 

"Jadi gini, bentar lagi kan udah mau kuliah, beni engga mau jadi Dokter" gue ngomong sambil degdegan.

"Loh kenapa?" Tanya nyokap gue

"Jadi Dokter itu susah banget, sedang kan otak beni engga mampu buat bisa jadi Dokter, beni cuma suka seni" jawab gue sambil gemeteran

"Masasih gini doang engga bisa? (minta di botakin), kalo mau usaha pasti bisa coba aja dulu" kata nyokap gue ngedorong gue buat jadi Dokter

"Beni udah engga cinta sama cita-cita beni jadi Dokter, yah kalo udah engga cinta, percuma dong meskipun nanti beni jadi Dokter kalo cuma terpaksa" jawab gue dengan tegas

Lalu nyokap gue nanya gini "emang kalo engga mau jadi Dokter, pengennya jadi apa? Nanti ngambil jurusan kuliahnya apa?"

"Beni pengen jadi movie director aja soalnya seru, asik, bisa buat beni enjoy. Terus abis lulus SMA beni mau ngambil jurusan DKV aja" jawab gue

"Mmmm… emang engga bisa yah jadi Dokter aja? Yaudah deh ngomong nih sama bapaknya" nyokap gue ngasi telpon ke bokap gue

"Halo pak… beni engga mau jadi Dokter… kemudian gue jelasin panjang lebar kenapa gue engga mau jadi Dokter

"Oooh kalo itu mau kamu yaudah engga apa-apa, yang penting kamu suka sama apa yang kamu pilih sekarang, dan nanti bisa bermanfaan bagi banyak orang" kata bokap gue, terus bokap gue memberikan telponnya ke nyokap gue

"Halo nak… gimana? Masih tetep mau pilih jurusan itu? Emang kalo ngambil jurusan itu nanti pas lulus jadi apa? Sebenernya Emak pengen banget punya anak Dokter…" nyokap gue ngomong kaya gitu dengan suara halus. Ini membuat hati gue tersentuh dan mata gue sedikit berkaca-kaca mendengar omongan nyokap gue tadi. Tapi tetep gue udah engga suka jadi Dokter mau gimana lagi, dengan tegas gue menjawab

"Yah Bapak sih ngebolehin aja asalkan itu bener-bener pilihan beni sendiri, soal jadi apa setelah lulus itu tergantung nanti kerja dimana, lagian jadi Dokter biayanya juga mahal, percuma kalo bayar mahal tapi beninya engga suka, udahlah biarin adek beni aja nanti kalo udah gede yang jadi Dokter, beni pengen nyari sesuatu yang berbeda"

"Yaudah deh kalo emang itu mau kamu, emak dan bapak cuma bisa ngedoain yang terbaik buat kamu, yaudah kamu udah makan? Udah makan dulu gih"

"Yaudah mak, makasih, Assalamualaikum…" kemudian perbincangan gue di telepon berakhir. Yeeessss akhirnyaaaaaa gue terbebas dari cita-cita Dokter yang mengikat gue sejak kecil. Yeaaaaaah

Alhamdulillah gue akhirnya dibolehin milih jurusan yang gue mau, terpilihnya jurusan DKV awalnya gue ikutan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri) waktu itu gue milih ITB (Institut Teknologi Bandung) dan milih FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) tapi rejeki berkata lain gue engga lolos SNMPTN, gapapa lah namanya juga engga rejeki. Akhirnya gue memilih jurusan DKV di perguruan tinggi swasta terpilihlah kampus gue yang sekarang ini UMN.



Di DKV gue bahagia banget dan ini jurusan gue banget, di DKV gue engga ketemu sama pelajaran yang berbau hitung-berhitung beserta keluarganya (kimia, fisika) disini gue belajar tentang seni, semua yang berkaitan tentang seni ada di DKV, gue bisa enjoy tanpa ada tekanan atau beban karena jurusan ini gue pilih karena passion gue ada di DKV dan ini pilihan dari hati gue sendiri. Mesekipun masih ada sebagian dari keluarga gue yang engga suka gue masuk DKV, emang kalo udah lulus mau jadi apa? Itu yang sering gue denger dari mereka. Gapapa mereka engga suka sama pilihan gue ini yang penting gue bisa enjoy sama pilihan gue ini, toh rejeki tergantung Tuhan, semua Tuhan yang ngatur tinggal kita jalanin mau kita gimana. Bukan karna dari lulusan kedokteran kita bisa ngasilin banyak uang, yang penting bagi gue bekerja membantu banyak orang itu lebih bermanfaat dibandingkan uang. Percuma kalo misalkan gue jadi Dokter tapi masih ada dari saudara-saudara kita yang masih sakit di pedalaman sana yang engga bisa terangkul sama kita. Wkwkwk oke ini gue sok bijak banget |:

Oke gue mau ngasi sedikit tips nih bagi kalian yang pengen milih jurusan kuliah setelah lulus dari SMA. Tips gue simpel, jadilah diri kita sendiri, kalo emang kita suka sama apa yang emang bener-bener kita suka, kenapa tidak?. Milih jurusan kuliah engga harus tergantung perintah dari kedua orang tua lo, ini bisa bikin lo tertekan, karena yang akan jalanin diri lo sendiri bukan kedua orang tua lo, mungkin maksud orang tua kita baik, tapi kalo emang kita engga suka, kita bisa jelasin secara baik-baik sama mereka. Mereka pasti mendukung dan ngasi jalan yang terbaik kok untuk anaknya. (:

Mungkin ini aja cerita gue yang absurd ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang baca. Dan makasih banget udah luangin waktunya buat baca sampai sini. Jangan lupa share atau comment di bawah yah. Sampai ketemu di postingan berikutnya yah. Bye~ ((((:



Dapet salam dari anak DKV UMN ((((;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar